Resolusi 2020, Berhenti Berkata "Ah"

Berbakti kepada orang tua, seperti apa pengertian gamblang dari kalimat ini di benak kita? Membuat bangga ayah ibu, mudah atau sulitkah mewujudkannya dalam kehidupan kita sebagai manusia dewasa?

Di telinga saya selalu terngiang2 kalimat janganlah mengucapkan ah kepada ibu bapa yang disarikan dari ayat agung kitab suci Alquran. Apakah kita semua berhasil menjalankannya? Saya mengaku belum.

Tumbuh dengan kasih sayang kedua orang tua menjadikan saya merasa dekat secara lahir dan batin dengan keduanya, meski tidak jarang saya membuat kesal keduanya dan sebaliknya, saya sering merasa benar hingga bapa dan ibu saya tempatkan dalam posisi bersalah.

Terlebih lagi saat usia kita semakin ke sini, dan ibu bapa sudah tidak lagi dalam keadaan terbaiknya. Berapa sering kita menaikkan intonasi suara dalam telepon saat ibu tampak gagal memahami kalimat kita? Astaghfirullah. Ayah yang sekarang berusia di atas 70 pun tak luput dari kekesalan kita karena lamban mencerna pertanyaan kita.

Sampai sekarang saya masih bertanya2, kawan2 dulu yang pernah berkata ingin membanggakan orang tua apakah pernah membetik tanya, sejauh mana cita2 mulia ini kita usahakan.

Menaikkan haji orang tua, salah satu impian yang sering kita koar2kan. Sebanyak apa tabungan yang sudah kita kumpulkan untuk mewujudkannya.

Untuk saya pribadi, bakti yang akan saya berikan terutama adalah rasa hormat. Ibu saya, seorang berpendidikan rendah namun selalu ingin memberikan pendidikan yang terbaik untuk anak2, sangat saya dambakan agar bisa menjalani mada tua dengan beribadah secara tenang dan khusyuk. Saya juga bermimpi ibu saya berangkat haji bersama2 ayah dan saya. Namun sebelumnya, saya ingin berbakti kepada ibu dari cara yang sederhana dulu yaitu berhenti merepotkannya sama sekali. Sepulang dari Australia nanti, jika saya dan istri dikaruniai anak, tidak akan sekalipun terpikir untuk menitipkanya pada ibu.

Cara sederhana yang lain yang ingin saya terapkan adalah berhenti berkata ah, atau berintonasi tinggi saat bercakap2 dengan keduanya. Ini prioritas meski terdengar sepele, karena inilah yang tertera gamblang dalm kitab suci.

Comments

Popular posts from this blog

Disiplin Diri

Gunung

Piala Dunia