Masjid Favorit

Mana masjid favoritmu? Di tengah maraknya semangat bagus-bagusan masjid, sejuk-sejukan pendingin ruangan, saya masih memilih Masjid Agung Semarang di Pasar Johar sebagai tempat salat kesukaan.
caption: Jemaah salat luhur pada Senin (26/9/2022).

Saya percaya masjid yang satu ini memiliki berkat tertentu, atau paling tidak punya nilai lebih yang meski sukar saya buktikan tapi oleh sang Ilahi diberi keunggulan tertentu.

Bayangkan, bangunan setua ini (ada dua versi, berdiri antara 1547M atau 1743M) tapi masih kokoh dan kuat menampung ratusan jemaah. Tidak hanya itu, ada kesejukan yang nyata setiap kali memasuki bagian dalam masjid yang punya gaya arsitektur Jawa dicampur Persia ini.

Tidak perlu AC, tidak perlu kipas angin, tapi panasnya pantai utara Jawa sekalipun teredam oleh bagian dalam masjid yang setiap siang bolong bagian depannya ramai dipakai qoilulah atau tidur siang oleh jemaahnya (banyak masjid yang takmirnya meminta masjidnya tidak dipakai tiduran).
caption: agenda qoilulah atau tidur siang sejenak di bagian depan masjid. 

Saya suka masjid ini, juga karena ongkos parkirnya tidak "zakelijk" alias saklek. Mau seribu, dua ribu, lima ribu, monggo masukkan ke kotak amal. Silakan mau masuk masjid atau jalan-jalan keluar, motor anda aman bersama kami. Pengguna motor yang ngirit macam saya tentu bahagia mendapati tempat parkir bertarif "nyante" seperti ini.

Masjid Agung Semarang, atau Masjid Kauman, atau Masjid Johar. Apa pun namanya, saya akan terus mengenang dan menyambangi tempat penuh barokah ini.

Comments

Popular posts from this blog

Disiplin Diri

Gunung

Piala Dunia