Wah, Blink 182 jiplak Base jam!!

Kisruh jiplak menjiplak yang melibatkan biduan kebanggaan generasi 90an (alm) Nike Ardilla dan penyanyi Amrik Katy Perrry hingga kini masih hangat dibicarakan. Meskipun isyu plagiarisme bukanlah hal baru dalam blantika musik Indonesia, tapi yang satu ini memang memantik kontroversi.

Alasannya, jika biasanya artis sini yang menjiplak karya musisi asing, tapi kasus Nike vs Katy ini berkebalikan. Lagu Katy berjudul Dark Horse mirip (emang mirip, sih, intronya :D) sama lagunya Nike, Tinggallah Ku Sendiri, nah lo..
Perbandingan antara Nike dan Katy. You judge!


Hmm.. sebagai pecinta musik, sepertinya aku perlu angkat bicara (dzik!). Tapi setidaknya aku punya argumen, yang bisa dijadikan patokan bahwa tak selamanya musisi lokal itu cuma bisa meniru. Pernah dengar lagunya Blink 182 yang 'I Miss You'? Ouch, lagu itu mirip banget sama 'Rindu' punya almarhum Base Jam. Dari tema lagu sampai aransemen musiknya sebelas duabelas. Sila cek di sini serta yang ini agar lebih ngeh.
Kebetulan?

Sila putuskan sendiri jawabannya, yang jelas kedua lagu tersebut mewakili dua generasi berbeda. Base Jam moncer di era pertengahan 1990an, sementara Blink 182 merilis lagu tersebut pada awal 2000an. Deket-deket dikit-dikitlah :D..

Membandingkan jumlah plagiarisme yang dilakukan musisi kita dengan yang dijiplak mungkin seperti menimbang sepotong kapas dengan gerbong kereta, tapi setidaknya ada angin segar dari kasus ini. Paling tidak musik karya putra Indonesia juga mampu menggoda penyanyi luar untuk menjiplaknya. Ah.. bukan jawaban yang memuaskan memang, tapi izinkanlah saya untuk berkomentar barang mengecewakan.
Rabu, 16 april 2014.

*ditulis sambil liputan :D

Comments

Popular posts from this blog

Disiplin Diri

Gunung

Piala Dunia